Bingung Gimana Cara Pasang Glassboard? Ini Langkah-langkahnya!

 

Cara Pasang Glassboard

Papan tulis sangat umum digunakan di sekolah-sekolah dan perkantoran. Kegunaan dari papan tulis sangat beragam dan rata-rata pasti dibutuhkan dimana-mana, oleh karena itu banyak yang menggunakannya. Jenis papan tulis yang paling umum digunakan di Indonesia adalah whiteboard. Dulunya, blackboard cukup populer juga di berbagai sekolah karena harganya yang murah dengan menggunakan kapur. Namun karena kurang praktis dan nyaman, jenis papan tulis ini pelan-pelan mulai ditinggalkan.

Kreativitas manusia yang semakin berkembang lalu menciptakan jenis papan tulis baru yang lebih praktis, efektif, dan elegan, yang biasa disebut glassboard atau papan tulis kaca. Ya, papan tulis ini berbahan dasar kaca dan mulai umum digunakan terutama di perkantoran. Selain ramah lingkungan, papan tulis kaca juga lebih mudah dibersihkannya. Awet dan cocok untuk pemakaian jangka panjang.

Langkah-langkah Pemasangan Glassboard

Cara Pasang Glassboard

Bagi orang awam, papan tulis kaca mungkin terkesan mudah rusak dan rentan pecah karena bahannya yang berasal dari kaca. Pada kenyataannya, papan tulis kaca justru lebih dapat bertahan lama. Material kaca yang digunakan juga merupakan kaca tempered yang aman dan tidak mudah pecah. Selain itu, cara pemasangan yang benar juga diperlukan supaya papan tulis kaca dapat digunakan secara maksimal. Adapun mengenai cara pemasangannya, simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Periksa Area yang Akan Dipasangkan Glassboard

Pertama pastinya kamu harus tentukan dulu di area mana papan tulis kaca akan dipasang. Jika sudah ditentukan, pastikan area dinding tersebut kering. Dinding yang lembap akan membuat kaca mengalami korosi, jadi pilihlah area yang lebih aman.

2. Lakukan Pengukuran

Ukurlah papan tulis kacamu. Pastikan muat dengan area pemasangannya. Tapi jangan sampai ukurannya terlalu pas, ya. Kamu butuh sedikit ruang kosong di sekeliling papan tulis untuk memudahkan proses pemasangan. Kamu juga bisa gunakan waterpass untuk memastikan papan tulis tidak terpasang miring.

3. Pasang Fischer

Lakukan bor pada keempat sudut area yang akan ditempati papan tulis kaca, lalu pasang fischer di keempat sudut itu. Peran fischer adalah sebagai pengunci sekrup. Gunanya untuk memastikan agar material yang dapat terekat kuat pada tembok.

4. Terapkan Backing Material

Setelah semua fischer dipasang, barulah pemasangan backing material pada dinding dilakukan. Seperti yang kita tahu, papan tulis kaca bersifat transparan. Oleh karena itu perlu dipasang backing material sebagai latarnya. Kamu bisa menggunakan GRC board atau triplek. Tidak perlu berwarna putih, kamu bisa juga menggunakan triplek berwarna biru muda, misalnya. Tapi yang jelas, ada baiknya memilih warna yang muda karena warna tua akan membuat goresan spidol di papan tidak terbaca dengan jelas.

5. Tempel Papan Kaca Pada Backing Material

Selanjutnya, pasang papan tulis kaca pada backing material yang sebelumnya sudah dipasang di dinding. Untuk menempelkannya kamu perlu menggunakan double tap dan sealent netral. Agar lebih rekat lagi dan memastikan papan tulis kaca merekat kuat pada backing-nya, aplikasikan pula lem aibon.

6. Berikan Penyangga

Langkah terakhir dan yang paling penting dalam pemasangan papan tulis kaca ini ialah memberikan penyangga pada papan. Hal ini dilakukan agar papan tidak jatuh maupun bergeser. Untuk penyangganya sendiri kamu bisa menggunakan kayu penyanggah atau semacamnya dan dipasang pada bagian bawah papan tulis kaca.

Nah, itulah beberapa langkah pemasangan glassboard pada dinding. Perlu diingat, kamu harus teliti saat memasangnya, ya. Kalau papan tulis kaca sudah terpasang kokoh, kamu tidak perlu khawatir lagi akan pecah. Selain aman, jenis papan yang satu ini sangat awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

This entry was posted in Furniture. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *