Waspadai Hal-hal Yang Dapat Membuat Plafon Gypsum Jebol!

hal Yang Dapat Membuat Plafon Gypsum Jebol

Plafon menjadi salah satu bagian yang cukup penting pada rumah. Sebagai penyangga dan penutup bagian atas atap, plafon dibuat dengan berbagi macam bahan salah satunya adalah gypsum. Penggunaan bahan gypsum ini bukanlah tanpa alasan. Kebanyakan dari orang-orang mengatakan memilih gypsum sebagai bahan pembuatan plafon adalah karena dapat dibuat hiasan dan ukiran yang akan semakin mempercantik rumah. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan lain yaitu harga yang terbilang lebih murah, proses dan waktu pengerjaan yang relatif cepat dan lainnya. Dibalik kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, plafon gypsum juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang harus diwaspadai adalah sifatnya yang dapat jebol sewaktu-waktu. Jebolnya plafon yang terbuat dari gypsum ini bukanlah tanpa sebab. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat plafon menjadi jebol yang harus anda ketahui jika ciri-ciri tersebut ada pada plafon rumah anda.

Jangan Abaikan Hal Ini, Ketahuilah Penyebab Jebolnya Plafon Gypsum!

Proses pemasangan yang salah

Salah satu langkah yang paling penting saat menggunakan gypsum untuk plafon rumah adalah pada saat proses pemasangannya. Proses ini membutuhkan ahli serta cara yang tepat. Selain itu, pada saat hendak memasang gypsum, sang tukang harus mengerjakannya sesuai dengan prosedur yang ada. Jika sampai salah dan asal-asalan maka plafon akan cepat jebol dan dapat membahayakan bagi orang lain. Untuk hal seperti ini, pastikan bahwa anda memilih orang yang dapat dipercaya dalam pembuatan plafon berbahan dasar gypsum tersebut.

Memasang di tempat yang mudah tersentuh air

Tahukah anda jika gypsum adalah bahan material yang akan menjadi sangat rapuh jika sering tersentuh oleh air?. Jika anda ingin memasang plafon dengan menggunakan material gypsum, sebaiknya anda menghindari untuk menggunakannya di tempat yang lembap dan sering terkena air seperti kamar mandi, dan tempat lainnya. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua tempat dapat terkena rembesan air hujan yang masuk melalui celah atap, akan tetapi alangkah lebih baiknya jika anda mengantisipasi hal tersebut. Saat rembesan air hujan sudah semakin parah, anda harus mencari sumber kebocoran dan segera menghentikannya agar plafon rumah anda tidak cepat jebol.

Perekat yang tidak kuat

Hal lain yang menjadi penyebab jebolnya plafon gypsum adalah perekat dan digunakan tidak kuat. Jika sudah seperti ini, tidak dapat dihindari lagi, maka plafon akan mudah runtuh dan jebol. Perekat yang tidak kuat akan sulit untuk menopang plafon. Nah oleh sebab itu, periksa kembali perekat yang anda gunakan. Pastikan bahwa bahan perekat sudah menempel dengan baik pada gypsum. Jangan sampai hanya karena hal ini, semuanya menjadi berantakan.

Kualitas bahan yang buruk

Apalagi penyebabnya jika bukan karena bahan yang digunakan adalah bahan yang tidak memenuhi standar. Kualitas bahan gypsum menjadi sangat penting untuk diperhatikan pada hal ini. Bahan yang tidak bagus dan memiliki kualitas rendah akan membuat plafon anda menjadi tidak tahan lama dan pastinya sangat cepat membuatnya jebol. Gypsum dengan kualitas buruk biasanya akan sangat mudah retak. Jangan hanya karena harga yang lebih murah, maka anda tidak memperhatikan kondisi kelayakan bahan yang digunakan.

Nahh itu tadi beberapa penyebab yang dapat menjadi salah satu alasan mengapa plafon gypsum di rumah anda mengalami kerusakan seperti retak dan jebol atau runtuh. Saat sudah mengetahui penyebabnya, anda harus segera melakukan perbaikan pada atap plafon anda.

 

This entry was posted in Dekorasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *