Kekurangan Tempered Glass yang Wajib di Ketahui

Kekurangan Tempered Glass

era modern ini tempered glass menjadi salah satu jenis kaca favorit yang paling banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari. Anda bisa menemukan kaca ini pada layar pintu kulkas, jendela, pintu otomatis, kaca mobil dan masih banyak lagi. Faktor utama banyak produsen yang memilih kaca ini adalah karena keunggulannya.

Kenali Kekurangan Tempered Glass 

Salah satu yang paling menonjol dari kelebihannya adalah kaca ini sangat aman dan ramah lingkungan. Jika pecah serpihan kacanya tidak akan melukai kulit, sebab berbentuk butiran halus dan tumpul. Selain itu kaca ini juga sangat kuat menahan benturan dan anti gores. Apalagi kaca ini tidak bergeming akan perubahan cuaca ekstrim.

Namun di balik kelebihannya tersimpan kekurangan yang tidak banyak diketahui orang. Penasaran apa saja? Mari simak ulasan berikut ini.

Anti potong

Tak seperti jenis kaca lainnya yang bisa dipotong sesuka hati, kaca tempered tidak bisa dipotong setelah melalui proses pembuatan. Penyesuaian ukuran dilakukan sebelum dibuat, hal ini karena kaca jenis tempered dibuat melalui proses pemanasan pada suhu yang tinggi.

Kemudian didinginkan secara tiba-tiba. Hal ini memang membuat kaca menjadi sangat kuat namun di sisi lain menjadi sangat rapuh apabila bentuk jadinya di rubah. Sedikit saja anda memotong bagian kaca maka seluruh bagian akan pecah berkeping-keping. Jadi sebelum menggunakan pastikan anda mengukurnya dengan tepat.

Harus mulus

Kaca tempered memang terkenal tahan terhadap goresan dan kuat menahan benturan. Namun tidak selamanya juga akan tetap kokoh terhadap gesekan lingkungan sekitar. Goresan halus yang terjadi jika dibiarkan akan menjadi besar dan dalam, yang nantinya dapat memicu retakan yang lebih parah.

Bahkan retakan kecil pada sudut kaca yang terjadi akibat benturan tak sengaja juga bisa memicu kaca pecah. Untuk itu anda perlu berhati-hati saat menggunakan kaca jenis ini. Goresan yang timbul pada permukaan kaca dapat mengurangi unsur keindahannya.

Tidak bisa asal bor

Perlu diingat jika setelah proses tempering kaca tempered tidak bisa diubah bentuknya, baik dipotong, dilubangi, maupun dipasang pegangan. Jika anda nekat melubangi kaca maka relakanlah kaca anda hancur lebur tak tersisa.

Untuk menghindari hal tersebut biasanya lubang yang dibutuhkan akan dibuat sekaligus pada saat proses pemesanannya. Jadi anda akan terima barang siap pasang tanpa perlu repot melubangi lagi. Sayangnya jika lubang kurang atau tidak pas anda tidak bisa memperbaikinya dan harus pesan ulang.

​​​​​​Mahal

Jika dibandingkan dengan kaca biasa, harga kaca jenis tempered jauh lebih mahal, penyebabnya adalah karena proses pembuatannya yang rumit dan cukup membutuhkan tenaga dan waktu. Apalagi kaca ini tidak bisa dibuat sekaligus dalam partai besar seperti kaca biasa.

Tempered glass hanya dibuat ketika ada pesanan dan ukurannya pun menyesuaikan dengan permintaan. Sebab kaca ini tidak fleksibel dan anti potong jadi membuatnya harus satu persatu yang tentu memakan banyak waktu.

Hal lain yang membuat kaca tempered ini mahal adalah karena kaca ini lebih tebal dibanding kaca biasa dan memiliki banyak sekali variasi ketebalan, mulai dari 3mm hingga 20 mm. Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang anda miliki. Semakin tebal tentu kaca juga semakin kuat.

Permukaan tidak presisi

Proses panjang yang dilewati menimbulkan wrapping sehingga permukaan kaca tidak benar-benar presisi melainkan berbentuk sedikit cembung, atau melengkung ke luar menyerupai bentuk busur. Terlepas dari itu hal ini tidak terlalu mengganggu visual yang dipantulkan.

 

 

This entry was posted in Dekorasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *