Tangkal Sinar Matahari Menggunakan Kaca Es, si Kaca Unik yang Multifungsi

Kali ini kita akan membahas seputar kaca es. Kaca kok es, itu kaca atau minuman? Pasti anda bertanya-tanya bukan. Nah kaca es ini merupakan salah satu jenis kaca yang unik gaes. Kaca ini bisa dikategorikan masuk ke dalam jenis kaca buram loh ya bukan kaca yang dingin seperti hati doi.

Kaca Unik

Mengenal kaca es 

Pada bagi0an luarnya kaca ini memiliki tekstur yang kasar, sedangkan bagian dalamnya memiliki tekstur yang halus, di Indonesia sendiri kaca ini lebih dikenal dengan nama kaca indofigur, dan dapat ditemui dengan mudah di toko kaca yang terdapat hampir di seluruh pelosok negeri terutama di kota besar.

Jika anda berkunjung ke toko kaca Jakarta dan bertanya kepada penjual tentang kaca yang bisa mengurangi pantulan sinar matahari ke dalam rumah, pasti mereka akan merekomendasikan kaca ini. Sebab tekstur luarnya yang kasar dipadukan dengan warna yang buram mampu memecah sinar sehingga cahaya yang masuk lebih lembut dan tidak panas.

Penggunaan kaca es

​​​​​​Mengingat fungsinya yang bisa mengurangi gelombang panas matahari, biasanya kaca ini digunakan untuk :

  1. Jendela.
  2. Pintu.
  3. Pintu lemari.
  4. Meja.
  5. Rak piring.
  6. Rak sepatu.
  7. Penyekat kamar mandi.
  8. Shower box.
  9. Penyekat ruangan kantor.
  10. Interior rumah.
  11. Partisi dinding.
  12. Dan masih banyak lagi.

Biasanya kaca es digunakan untuk menyekat kamar mandi, atau sebagai dinding kamar mandi, karena kaca ini tebal, kuat, dan buram. Kaca lebih dipilih karena lebih hemat ruang daripada tembok dan lebih awet dari pada menggunakan kayu. Selain itu membuat view ruangan menjadi terlihat lebih luas. Kaca es banyak dijual di toko kaca namun tidak menutup kemungkinan juga dijual secara online.

Kaca es memiliki pola tekstur yang unik dan beragam, mulai dari kasar seperti permukaan batu, pola bunga, pola abstrak, pola hewan, pola pohon, pola material alam, pola tetesan air atau embun, dan masih banyak lagi, selain itu kaca es juga bisa dipadukan dengan kaca bening sehingga membentuk pola yang unik.

Kaca ini memiliki harga yang lumayan mahal dibanding kaca biasa, harganya berbanding lurus dengan kualitas kacanya, semakin murah harga kacanya maka kacanya juga semakin rapuh begitu pula sebaliknya, kaca jenis ini jyga akan terlihat jelek jika tergores, oleh sebab itu perawatannya sedikit rumit dan harus hati-hati, karena goresannya tidak bisa hilang kecuali beli baru atau ditutup menggunakan stiker.

Perawatan kaca es

Perawatan kaca es terbilang cukup sulit dibanding kaca biasa, sebab kaca ini lebih sulit untuk dibersihkan karena permukaan memiliki pori-pori yang lebih besar. Agar kaca tetap awet dan kinclong rajin-rajinlah membersihkannya menggunakan lap kain bersihkan yang dibasahi dengan sedikit air.

Lap permukaan kaca dengan lembut, jika ada noda yang membandel cukup semprotkan air hangat dan tunggu beberapa saat. Jangan digosok keras karena bisa menyebabkan lecet, jika sudah lecet anda terpaksa harus membeli lagi di toko kaca sebab kaca yang lecet tentu unsur keindahannya berkurang.

Harga kaca es

Harga kaca es sangat beragam, namun jika anda menginginkan kaca es dengan kualitas yang baik belanja bisa jadi pilihan, selain harga miring anda juga bisa menemukan lebih banyak pola kaca yang unik.

Harga kaca es berbeda tergantung dari ketebalannya, untuk kaca es dengan ketebalan 3 mm biasanya dibanderol mulai dari Rp 75.000 – Rp 100.000 per meter persegi. Sedangakan kaca dengan ketebalan 5 mm dibanderol mulai dari Rp 135.000 – Rp 165.000 per m persegi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *